Kamis, 08 Juli 2010

cerita di tanah pak dirman

First posting nih..
bingung sih mau nulis apaan, tapi dah kepalang bikin blog, ya udah, tulis apa aja deh yang ada di kepala.

ketika masih SMA dulu, gw bingung setengah mati mau masuk mana kalau dah lulus...
bisa dibilang sama sekali ga ada gambaran tentang dunia perkuliahan ataupun setelah lulus SMA nanti mau ngapain. cari kerja kah? atau kuliah kah? ga tau.. masih aja blur alias sayup-sayup ga jelas.

yeyyy.. hari penantian datang dan gw pun lulus, gw menerima ijazah SMA lengkap dengan daftar nilai, tandatangan kepsek gw yang luar biasa (di luar biasa, di dalam... ), cap dinas pendidikan dan foto hitam putih yang banyak yang bilang ga mirip sama muka gw (malah ada yang bilang kaya orang cina, katarak yang bilang, mungkin).

akhirnya... SPMB 2007 gw ikutan dengan semangat membara dan otak pas-pasan (ga sinkron kan?), bodo amat... you never know till you have tried, kan gitu kata-kata mutiara yang ada di bawah lembaran buku tulis dengan inisial merek SIDU. kita ga akan tau seberapa besar kemampuan kita, seberapa tangguh kita dalam menghadapi masalah tanpa menjalani terlebih dahulu.

Gw dan ke-sok-tahu-an milih universitas yang outstanding banget menurut orang-orang. UI dan IPB, gw ikut yang SPMB buat orang-orang yang tiap harinya berhubungan dengan integral, differensial, hukum niels-bohr, reaksi kimia dalam larutan, dan lain-lain yang berbau itungan dan ilmu alam, inul, bang haji (lho?). tiap malem gw bersemedi dengan dikelilingi tumpukan kertas bertuliskan "lembar soal SPMB 2006", "lembar soal SPMB 2005", "sukses SPMB 2007" dan kawan-kawannya...

and VOILA! (pake gaya farah quinn), gagal.

gw kecewa. tapi gw tetep menengadahkan kepala gw dan berjalan tegak. karena gw yakin, ada sebuah "big master plan" buat gw. gw ga enak ma nyokap, bokap dan keluarga gw, tapi bersyukur punya mereka yang selalu nyemangatin dan ngomelin gw.. hehe.

setahun dah berlalu semenjak gw "gagal"...
dan gw masih "gagal"...

pengen masuk sekolah kedinasan biar lulus gampang kerja, trus biar bisa merubah Indonesia jadi lebih baik, dan akhirnya gw menguasai dunia.... (inget film kartun the pinky and the brain? dua tikus yang pengen nguasain dunia hanya dengan waktu semalam, tapi gagal terus? nah, itu bego.. ga ada judulnya tikus putih bisa nguasain dunia, semalam pula... gw aja yang udah idup di dunia 21 tahun masih gini-gini aja...).
gagal lagi.

tapi gw tetap berpegang teguh pada motto gw yang diambil dari tagline-nya sebuah iklan sepatu bola yang bintangnya mirip gw, David Beckham jaman dulu..
IMPOSSIBLE IS NOTHING.

ga ada yang mustahil bung!!! asalkan kita berusaha, berdoa, didoakan orangtua dan tetap optimis, pasti bisa.

Alhamdulillah, SNMPTN 2008 lolos, ajib dah. tapi masuk ke pilihan ketiga... bujug dah. tetap bersyukur.

"keterima dimana gi?" nenek gw nanya.
"unsoed nek".
"........" gw lupa nenek gw bilang apa, yang pasti beliau mengeluarkan bahasa jawanya, dan gw kaget karena selama ini dia ga pernah ngomong pake bahasa jawa dan selalu pake bahasa Indonesia yang baik dan sedikit agak kurang benar (ya aneh juga sih kalo ngedengerin orang ngomong pake bahasa Indonesia yang kelewat baku pas lagi ngobrol-ngobrol biasa. emang sinetron???), paling ya bahasa sunda alus.

Alhamdulillah lah, penantian kejelasan hidup selama setahun terakhir menemukan titik terangnya, walaupun masih nge-blur dikit.

dan berangkatlah gw ke Unsoed....

Selanjutnya, terserah Saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar